Makalah Bioma Gurun (Kelompok 5)







BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Panas tinggi yang mencapai suhu 50 hingga 60C di siang hari, dingin yangmembekukan di malam hari, kekeringan yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu,bahkan bertahun-tahun, dan makanan yang jumlahnya sangat sedikit. Tempat yang keras ituadalah padang pasir, dan berlawanan dengan kemungkinan yang kalian pikirkan, banyak makhluk yang hidup di gurun. Di gurun panas, suhu tinggi menyebabkan hilangnya cepat air karena berkeringat, dan tidak adanya sumber air yang dapat digunakan untuk mengisi dapat mengakibatkan dehidrasi dan kematian dalam beberapa hari. Manusia juga mungkin harus menyesuaikan diri dengan badai pasirdi beberapa gurun, tidak hanya dalam efek yang merugikan mereka pada sistem pernafasan dan mata, tetapi juga dalam berpotensi berbahaya pengaruhnya terhadap peralatan seperti filter, kendaraan dan peralatan komunikasi. Hal ini membuat hidup di padang pasir cukup sulit bagi manusia. Meskipun demikian, beberapa kebudayaan telah membuat gurun panas rumah mereka selama ribuan tahun, termasuk Badui,Tuareg dan orang Pueblo. Di gurun dingin, hipotermia dan radang dingin adalah bahaya kepala, serta dehidrasi karena tidak adanya sumber panas untuk melelehkan es untuk minum. Jatuh melalui paket-es atau lapisan permukaan es ke dalam air dingin bahaya tertentu yang membutuhkan tindakan darurat untuk mencegah hipotermia cepat. Kelaparan juga bahaya, dalam suhu rendah tubuh memerlukan lebih banyak energi makanan untuk mempertahankan panas tubuh dan untuk bergerak. Kebanyakan manusia kehidupan tradisional di gurun adalah nomaden. Hal ini tergantung di gurun panas pada menemukan air, dan berikut ini hujan jarang untuk mendapatkan rumput untuk ternak. Di gurun dingin, itu tergantung pada menemukan berburu yang baik dan daerah nelayan, pada melindungi dari badai salju dan ekstrem musim dingin, dan menyimpan cukup makanan untuk musim dingin. Pemukiman permanen di kedua jenis gurun memerlukan air permanen dan sumber makanan dan tempat tinggal yang memadai, atau teknologi dan sumber-sumber energi untuk menyediakannya

Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu sebagai pembelajaran dan pemahaman tentang karakteristik dari bioma yang ada di dunia, khususnya bioma gurun yang ada di dunia.



                                                                                                                                                               

PEMBAHASAN
Pengertian Gurun
Gurun dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit - kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara seksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh.

Dalam arti kamus besar bahasa indonesia gurun adalah padang  luas yg tandus ; padang pasir. gurun pasir adalah dataran luas mengitari bukit dan padang batu yg terdiri atas  pasi, sedangkan gurun tandus adalah gurun yg tidak ditumbuhi tumbuh – tumbuhan sedikit pun. Gurun adalah suatu daerah dimana curah hujannya sangat kecil yaitu kurangdari 250mm/tahun, sifat udaranya kering dan hampir tidak ada tumbuh-tumbuhan yang hidup. Gurun disebut juga daratan kering, karena klasifikasi gurun berdasarkan tingkat kekeringan di suatu wilayah. Hampir seperempat permukaan bumi daratan merupakan daerah gurun dengan temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Gurun-gurun yang terbesar di dunia antara lain :Gurun Sahara di Afrika Utara, Gurun Sonora di Amerika dan Gurun Kalahari di AfrikaTengah.

Gurun memiliki ciri-ciri yaitu:
·         Tingkat evaporasi (penguapan) yang lebih tinggi daripada curah hujan dan air tanah yang cenderung asin
·         Tumbuhannya berdaun kecil seperti duri dan mempunyai akar yang panjang. (Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan Akar panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons.)
·         Dihuni oleh hewan jenis pengerat contohnya, hamster dan gerbil dan juga unta
·         Tingkat penguapan (evaporasi) lebih tinggi dari curah hujan
·         Contoh tumbuhan yang hidup yaitu Kaktus, Kurma
 

Dan gurun terjadi karena proses pelapukan bantuan oleh cuaca yang variasi temperatur antara siang dan malam sangat tajam.Batuan yang menjadi sangat panas pada siang hari kemudian menyusut dan pecah karena suhu yang sangat dingin pada malam hari. Proses pelapukan ini berlangsung ribuan tahun,bahkan ada yang telah berumur jutaan tahun,seperti Gurun Sahara di Afrika Utara.

            Terjadinya gurun pasir juga dapat disebabkan oleh penguapan air tanah yang berlebihan oleh pemanasan matahari tehadap permukaan tanah dan atmosfir. Padahal pemanasan atmosfer dalam waktu yang lama akan memperkecil kemungkinan terjadinya hujan(kondensasi). Jika itu terus berlanjut tanah pun menjadi gersang dan kemudian terciptalah gurun pasir.



Oasis Gurun
Gurun pasir tidak melulu pasir. Di beberapa lokasinya terdapat danau-danau alam yang airnya berasal dari sumber air setempat maupun yang berasal dari curah hujan tahunan.
Di sini juga biasanya dijumpai pepohonan palem dan bahkan tanaman-tanaman buah dan taman yang subur. Di lokasi oasis seperti inilah biasanya populasi terbentuk. Sayangnya banyak yang lenyap karena berbagai sebab.
Dan inilah lokasi-lokasi oasis yang masih ada,yaitu:
1.      Danau-danau Ubari, Oasis Erg Awbari, Sahara: lokasinya dekat  Fezzan dan 30 km sebelah utara Germa, Libia. Danau berair asin ini merupakan suatu lokasi pusat perdagangan bagi warga setempat yang kebanyakan menjual suvenir dan barang-barang lainnya di pinggir danau. Umm Al-Maa, yang berarti Ibu Air, merupakan salah satu danau terbesar di oasis ini. Sayangnya, seperti danau-danau lainnya, lapisan air di area ini demikian dalam sehingga danau-danau ini mulai mengering. Berbarengan dengan airnya yang mulai kotor, tingkat garamnya pun saat ini sama dengan di Laut Mati. Tingginya garam di danau Umm Al-Maa membuat Anda mudah terapung jika berendam di sini. Bekas kota Gebraoun yang telah ditinggalkan penghuninya terletak tidak jauh dari sini dengan reruntuhan bangunan yang impresif menunjukkan bahwa danau-danau di sini pernah menjadi gantungan hidup yang memadai dan berkualitas.
2.       Oasis Huacachina, Peru: hucachina merupakan kota oasis kecil di daerah Ica, barat daya Peru. Oasis yang diberi nama “Oasis of Americas” ini merupakan resort populer di kalangan turis asing maupun domestik. Legenda setempat menceritakan bahwa danau ini terbentuk saat pemburu muda mengganggu seorang puteri cantik yang sedang mandi. Puteri tersebut segera pergi menghilang meninggalkan kolam air yang kemudian menjadi danau.
3.       Oasis Turpan, China: Turpan, atau dikenal juga dengan nama Tulufan, merupakan kota oasis di daerah Xinjiang Uygur, China. Berjarak hanya 8 km sebelah barat reruntuhan kota Jiaohe, suatu daerah batas pasukan garnisun yang dihancurkan oleh Genghis Khan pada jaman dinasti Han.
4.       Danau Gurun di Brasil: Danau gurun yang indah ini terletak di Lençóis Maranhenses National Park, Maranhao, Brasil. Terbentuk sebagai bagian dari suatu sistem danau air tawar yang berasal dari hujan selama enam bulan pertama tiap tahunnya dan kemudian akan menguap secara bertahap dan tahun berikutnya airnya akan meninggi kembali. Beberapa danau di antaranya terdapat pepohonan palem, sementara yang lainnya gersang
5.       Danau Creescent di Gurun Gobi China: Danau gurun ini berlokasi di ujung sebuah kota kuno yang bisa dijumpai pada perjalanan sepanjang Silk Road ke Barat. Saat ini mulai mengering dan turun lebih dari 25 feet sepanjang 30 tahun terakhir karena digunakan langsung oleh petani dan populasi yang semakin meningkat. Ini mengakibatkan berangsur menghilangnya danau ini yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

6.       Oasis Chebika, Tunisia: Oasis cantik ini mungkin adalah oasis yang paling banyak dilihat orang tanpa orang menyadarinya. Di sinilah lokasi pembuatan film Star Wars Episode IV: A New Hope. Nama oasis inipun akhirnya diambil dari salah satu karakter di film tersebut yaitu Chewbacca.                                                                                         
7.       Oasis Timia, Gurun Sahara, Nigeria: Oasis Timia berlokasi di Aïr Mountains (Nigeria utara), merupakan oasis paling indah di negara ini karena suatu alasan. Bukan hanya karena gambaran sebuah danau di tengah gurun dengan beberapa pohon palemnya saja, di dalamya juga terdapat taman-taman subur dengan tanaman jeruk dan buah delima yang siap dipetik dan dimakan di tempat (dengan membayar tentunya). Beberapa jenis pohon buah-buahan lainnya, sereal, dan sayur-sayuran juga tumbuh di sini. Hasil panennya bahkan juga dikirim ke daerah lain di Nigeria.
8.      Oasis di Oman: Oasis hijau ini tersembunyi di tengah gurun Oman. Beberapa oasis di kesultanan Oman kerap dijadikan tempat studi botanikal di bidang agro-biodiversity. Para peneliti juga mencari sebab mengapa jumlah oasis berkurang dengan cepat.



Daftar – daftar  gurun di dunia
Afrika
Antarktika
  •  Gurun Gobi – di Mongolia
  • Gurun Taklamakan – di China
  • Gurun Ordos – di China
  • Gurun Kara Kum – di Central Asia
  • Gurun Kyzyl Kum – di Kazakhstan dan Uzbekistan
  • Gurun Thar- di India
  • Gurun Cholistan – Pakistan
  • Gurun Dasht-e Lut - di Iran.
  • Gurun Dasht-e Kavir – di Iran
Australia
Gurun-gurun utama:
Eropa
Timur Tengah
North America
Gurun-gurun utama:
South America
Dan 10 gurun terluas didunia
Nama gurun
lokasi
Area (mil persegi)
Area (km persegi)
Sahara
Afrika Utara
3500000
9100000
Australia ( Gibson, great sandy dan great victoria dan simpson)
Australia
1300000
3400000
Semenanjung arab( an nahfud dan rub al khali)
Asia Barat
1000000
2600000
Turkestan (karakuni dan kyzylkum)
Asia Tengah
750000
1900000
Gobi
Asia Tengah
500000
1300000
Gurun Amerika utara (graet basin, Mojave,sonorah,chiahuahuan)
USA dan Mexico
500000
1300000
Patagonia
Argentina Selatan
250000
670000
Thar
India dan Pakistan
230000
600000

Kalahari
Afrika
2200000
570000
Takla Makan
Tiongkok
1850000
480000
                                              

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

UcUz Blog mengatakan...

Hi Devi! remember me?

Devi Liandani mengatakan...

Of course yes
how're u?

Poskan Komentar